Sabtu, 13 September 2008

Post Script Dan Sedikit Tips Akhir

Sebagai penutup ada sedikit tips akhir dalam panduan ngebuat Blog ini. Dalam rangka ngedesain Blog kamu ada beberapa prinsip dasar web desain yang disaranin buat diikutin.

1. Salah satunya adalah cobain buat halaman Blog kamu ukurannya dibawah maksimal 50 KB termasuk ukuran gambarnya. Karena ga semua orang punya koneksi yang cepet. Rata-rate internet user masih tergantung sama koneksi dial-up, yang paling kecepatannya cuma 56 kbps. Jadi dengan ngebuat ukuran website kamu cepet di-load, minimal nyeneningin orang yang liatnya, karena ga ngebuat mereka nunggu lama, kalo bisa hindarin ngegunain gambar-gambar yang ga perlu di Blog kamu.
2. Buat navigasi dan link serta komposisi warna yang ga nyusahin pengungjung blog kamu. Coba bayangin posisi kamu sebagai pengunjung website kamu, kamu pengen orang baca Blog kamu, tapi kalo ga kebaca? tulisannya terlalu kecil, terlalu rapet atau warnanya bikin jadi keliatan kan malah nyusahin baca. Setelah Blog kamu jadi, cobain baca lagi sendiri, kalo kamu yang nulisnya sendiri susah bacanya, gimana orang lain? :)
3. Buat baca-baca gimana ngedesain website yang faktor bisa digunainnya besar (web usability), kunjungin situsnya pak Jakob Nielsen, dia banyak ngemuat tulisan tentang web usability yang bisa kamu baca.
4. Oya, rajin-rajin liat blog-blog orang lain, apa yang bikin kamu suka atau ga suka ama sebuah blog, banyak hal bisa dipelajari dari liat-liat ini. Kamu jadi bisa ngerasa mana desain yang enak buat pengunjungnya dan mana yang nggak, karena kamu ngerasain sendiri sebagai pengunjung. Kalo kamu nemu blog yang kamu suka banget, jangan ragu-ragu buat buka source-nya (kalo di IE, ke tombol “View” diatas terus pilih “Source”), nyuri-nyuri ilmu kan ga ada salahnya :)

Terakhir, ada banyak cara dan fasilitas lain di internet yang bisa kamu coba untuk membuat BLOG selain yang sudah ditulis di atas. Kamu bisa cari-cari lagi kalo ga puas. Tapi sebagai awal, mudah-mudahan fasilitas-fasilitas di atas udah bisa menuhin kebutuhan Blog kamu. Tapi kalo kamu penasaran kamu bisa cobain mulai dengan link-link dibawah ini:

* Halaman Resource-nya Blogroots. Blogroots adalah Blog tentang perkembangan dan konsep Blog, calon sebuah buku yang akan diterbitkan.
* Artikel “Blogging Software Roundup” dari The Microcontent News. Bahasan super lengkap dari berbagai keluarga software buat nge-Blog, yang salah satunya Blogger.com itu. Ditulis oleh John Hiler.
* Weblog Madness yang nge-list “658 weblog-related resources” dan Weblogs Compendium. Adalah dua daftar dan link ke banyak banget tools tentang segala sesuatu yang bisa dipake dan berhubungan dengan Blog.
* Cobain juga Daftar tools buat nge-Blog di Google/Dmoz

Okeh kalo gitu, sampai disini dulu, selamat ngemulai Blogging, kalo ada yang salah-salah diatas atau kurang tepat, saran, kritik, makian, apapun tolong kasih tau gue, mudah-mudahan bisa secepatnya diperbaiki. :D Mudah-mudahan panduannya berguna.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda